Selasa, 24 Januari 2012

FUNGSI BUAH NANAS

Beberapa fungsi dari Nenas

The image “http://4.bp.blogspot.com/_KQ0sW8ZG8_I/SIItGi9VOkI/AAAAAAAADiY/r51Ft_yC8No/s400/5.Buah%2BNanas.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
Fungsi dari nanas diantaranya adalah nanas dapat melangsingkan tubuh manusia, nanas bisa meluruhkan timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Berkat nanas, tubuh yang semula gembul / gemuk perlahan-lahan menjadi langsing dan singset. Oleh karena itu kita pelu mengetahui lebih dalam apa aja fungsi yang lebih baik dari nenas.
Bukan cuma itu, buah yang kulitnya dipenuhi sisik emas ini membuat sistem pertahanan tubuh menjadi lebih tahan ( solid ). Kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa,
sukrosa, dan enzim bromelain yang tersimpan dan buah nenas merupakan peluru tangguh yang bisa menyerang penyakit-penyakit serius, seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri.
Ternyata buah nanas memang berpotensi menjadi tanaman obat. Menurut Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, enzim bromelain dalam buah nanas berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation).
Kandungan serat nenas yang cukup tinggi, cocok mengobati sembelit. Makan buah nanas, sama artinya mengonsumsi obat pencahar (konstipasi). Efeknya, buang air besar yang tadinya tersendat, menjadi lancar kembali. Nenas juga cukup baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang sakit. Dalam nenas terkandung zat-zat yang dapat meningkatkan penyerapan obat ke dalam tubuh.

Mengangkat sel kulit mati

Ternyata buah dan daun nanas bermanfaat pula untuk membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Sebuah percobaan yang dilakukan terhadap beberapa ekor tikus yang mengalami luka bakar memperlihatkan bahwa enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Enzim ini terus bekerja sampai jaringan kulit yang sehat menampakkan diri seperti kulit semula jadi.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pembaca

Copyright © 2012. ppurdiyanta.blogspot.com - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by my free template